Melestarikan ikan jurung(semah)

Bagaimana cara kita untuk melestarikan ikan yang hampir punah ini ? disini saya punya cara sendiri yang mungkin orang lain juga banyak yang melakukannya sama dengan yang saya lakukan,tetapi untuk mengetahui karakter ikan yang langka ini saya menyediakan media hidup berupa Aquarium yang cukup besarDan di dalam aquarium tersebut saya juga menyediakan batu sungai yang cukup banyak dengan besarnya yang beragam.yang saya buat menyerupai habitatnya.dengan demikian kita dapat melihat prilaku ikan tersebut.ternyata ikan-ikan ini punya bayak ke unikan dari pada kebanyakan ikan ternak dan ikan hias yang lain,di samping itu ikan ini juga punya warna yang sangat cantik ada yang seperti emas,ada juga yang seperti tembaga,dan ada juga yang seperti warna perak.bukan hanya warna yang beragam ini tetapi warna-warna tersebut memancarkan warna yang berkilau.yang menambah keunikan ikan ini adalah prilakunya yang unik apabila ikan-ikan ini sedang bermain di air deras yang di hasilkan oleh pompa air yang berada di aquarium tersebut,yang merupakan alat untuk memberi oxcygen bagi pernapasannya di dalam aquariun.dan yang cukup unik lagi ikan-ikan ini selalu menggesekkan perutnya ke bebatuan yang ada dengan sangat kuat sehingga bebatuan tersebut bergeser dari tempatnya semula.dan dari sini juga saya dapat melihat cara makan yang sangat unik,seperti menyambar makanan yang melayang di air,dan mengambil makanan di atas air dengan menyambarnya sehingga menimbulkan suara yang sangat kuat.
Dari pantawan ini saya punya inisiatif untuk membudidayakannya,di sungai dengan membuat keramba apung hingga saat ini.dengan hasil yang cukup menjanjikan.dan dapat di jadikan usaha yang lumayan baik.

~ by hobbyalamflora on April 17, 2010.

4 Responses to “Melestarikan ikan jurung(semah)”

  1. Saya juga hobby ternak ikan, khususnya ikan jurung.
    Saya tinggal di Depok, dikampung saya Manambin/ Kotanopan saya juga sedang mencoba ternak jurung, Namun sayangnya sangat sedikit referensi tentang ternak inkan jenis ini yang profesional.
    Sampai sekarang belum jelas bagaimana caranya/ teknik memijahkan ikan jurung secara buatan dikolam. Kalau anda di China tolong tanyakan karena mungkin ikan jenis ini (ikan sungai air deras)sudah diternakkan secara intensif disana. Berapa harga anakan jurung bahorok sekarang di daerah Binjai?, karena di Jakarta sudah ada yang jual ikan jurung yang katanya dari Bahorok dan sekitarnya.

    Salam,
    Chairul Lubis

  2. saya ada ikan jurung, hp saya 08153101844

  3. ass…saya berminat dengan ikan jurung sebab d daerah saya ikan ini sanagt ekonomis siapapun anda kalo sudah berhasil memijahkan ikan ini tlang kasih tau ya,ato mungkin kta bisa bekerjasama ni no hap saya 081377021999 ato ke email saya jokosupeno999@gmail.com makah sebelumnya

  4. saya sangat respon dengan ikan jurung, saya mau melesterikannya. saya mau tanya inforrmasi dimana saya dapatkan bibit ikan jurung

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

