Punahnya ikan sungai air deras

 Disini saya ingin mengajak bagaimana cara memelihara ikan sungai yang baik,terutama itu ikan yang berada di sungai air deras.Ikan-ikan ini juga sudah hampir punah di habitatnya terutama itu ikan Jurung(semah-ikan merah) dan juga ikan Lemeduk(ikan kilat).ikan ini rasanya memang cukup lezat sesuai dengan harga jual/Kg nya mencapai 350.000 harga yang cukup menggiurkan.karena harganya yang cukup tinggi dan rasanya sangat lezat itu,itulah yang menyebabkan ikan ini hampir punah oleh karena perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.mengapa saya mengatakan demikian karena mereka menangkapnya dengan menggunakan racun dengan racun ini sehingga sampai kehilir sungai dari mulai yang kecil sampai yang besar semuanya mati terkena racun.dan ada juga yang di sebabkan paktor alam yaitu banjir bandang,tetapi banjir bandang inipun juga ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab ya termasuk itu Ilegal loging.
Jadi bagaimana cara saya untuk melestarikannya ? dengan Membeli dari para pemancing atau yang saya dapatkan juga dengan memancing sendiri di sungai.ikan-ikan inilah yang saya pelihara di Aquarium yang cukup besar dengan diameter 2,5mx1m.berdasarkan itu pula saya berpikir alangkah baiknya kalau ikan-ikan ini di ternakkan untuk konsumsi.disamping ikan ini lezat juga punya daya jual yang tinggi terutama di Sumatra utara.Hingga sekarang ini saya sudah mempuyai kolam apung (keramba apung)yang khusus beternak ikan sungai.cukup lumayan untuk dijadikan penopang ekonomi keluarga itulah yang saya lokoni sampai saat ini.

~ by hobbyalamflora on April 17, 2010.

One Response to “Punahnya ikan sungai air deras”

  1. Saya juga penggemar ternak ikan jurung lokasi di medan / binjai dimana/ semoga kita bisa saling tukar pengalaman karena ternak jurung banyak juga resikonya.
    Salam,
    Chairul Lubis

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

